Berita Prestasi

PSBB (PEMBELAJARAN SUASANA BARU BER-TEKNOLOGI): KESIAPAN DUNIA PENDIDIKAN UNTUK PERGURUAN TINGGI DENGAN SISTEM TERINTEGRASI INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

oleh : Billy Nugraha, Muhamad Dhika Rahma Fauzi, Mochamad Rafi Herdiana

Covid-19 merupakan masalah serius yang sedang dihadapi diseluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Penularannya yang begitu cepat serta angka kematiannya yang semakin hari semakin bertambah, sehingga menambah kekhawatiran masyarakat. Guna mencegah banyak pasien yang terjangkit semakin bertambah. Maka pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan coronavirus.

Dalam hal ini pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pencegahan guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Diantaranya yaitu dianjurkannya penerapan sosial distancing dan physical distancing. Proses belajar dari rumah melalui pendidikan jarak jauh merupakan solusi yang dalam pelaksanaanya belum optimal secara keseluruhan. Dikarenakan masih terdapat berbagai hambatan, baik dari sisi sumber daya manusia, pengaturan penyelengaraan, kurikulum yang ditetapkan, maupun sarana dan prasarana pembelajaran. Maka perlu adanya sebuah ide yang dapat memungkikan untuk tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar secara langsung. Namun dengan menerapkannya protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dalam masa new normal saat ini.

PSBB (Pembelajaran Suasana Baru Ber-teknologi) ini sebagai usulan dalam penerapan di masa new normal. Salah satu universitas yang sedang memasuki masa new normal, yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang. Masih beradaptasi dalam proses kebijakan pembelajaran yang sesuai protokol kesehatan dari pemerintah. Di karenakan pada awal bulan juli ini terdapat pelaksaan dari negara, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dimana pelaksanaannya peserta harus datang ke kampus, maka dari itu pimpinan kampus perlu menerapkan kebijakan yang sesuai protokol kesehatan. Solusi yang ditawarkan melalui tulisan ini adalah dengan menerapkannya Pembelajaran Suasana Baru Ber-teknologi (PSBB). 

Hasil kajian yang ditawarkan merupakan gambaran ruangan belajar yang sesuai protokol kesehatan. Selain itu yang terintegrasi melalui Internet of Things (IoT), dengan tujuan agar tidak terjadinya kontak fisik secara langsung. Baik antar tenaga pendidik, peserta didik, dan lainnya. Karena contohnya dalam hal pengumpulan tugas, absensi, penyerahan nilai, dan lainnya dilakukan tanpa terjadinya kontak fisik secara langsung. Maka sistem pembelajaran secara langsung dapat tetap dilakukan, namun dengan catatan memenuhi protokol kesehatan pemerintah.

Catatan: Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Muria Scientific Competition 2020

Leave A Comment