Berita Kegiatan

Sosialisasi Penggunaan Sis-Log In Apps untuk Meningkatkan Penjualan Sayuran di Desa Linggarsari, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang

oleh : Wahyudin, Dene Herwanto, Wahyudin

Secara umum, penduduk Desa Linggarsari, Kecamatan Telagasari, Karawang berprofesi sebagai petani, baik petani padi maupun petani sayuran. Terdapat beberapa kelompok tani di Desa Linggarsari yang menitikberatkan produksinya dalam bidang sayuran, di antaranya adalah Kelompok Tani Jambulsari dan Kelompok Tani Sri Jaya yang menjadi mitra dalam pelaksanaan KKN Unsika Tahun 2020 ini.

Beberapa jenis sayuran yang dihasilkan oleh kelompok tani di Desa Linggarsari kembang kol, kacang panjang, jamur, ketimun, dan terong. Penjualan sayuran oleh petani di Desa Linggarsari selama ini dilakukan secara langsung ke pembeli maupun ke tengkulak. Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sekarang sedang berlangsung, model penjualan sayuran secara tradisional tersebut menjadi satu hal yang dapat meningkatkan risiko penularan, sehingga perlu dicarikan solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.

KKN UNSIKA Tahun 2020 yang dilaksanakan di Desa Linggarsari ini mengambil judul program ”Sosialisasi Penggunaan Sis-Log In Apps untuk Meningkatkan Penjualan Sayuran di Desa Linggarsari, Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang”. Program ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan sekaligus men-sosialisasikan penggunaan aplikasi Sis-Log in Apps dalam penjualan sayuran secara online sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai upaya untuk membantu para petani sayuran dalam memasarkan produknya di tengah suasan pandemi yang sedang berlanngsung. Melalui program ini, diharapkan kesejahteraan petani sayuran dapat meningkat sekaligus tetap terjaga kesehatannya.

Catatan: Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim Sis-Log In Apps Universitas Singaperbangsa Karawang

Leave A Comment