Berita Prestasi

Tote Bag Kaca (Kain Perca): Pengembangan Produk Lokal guna Menciptakan Peluang Usaha Baru dan Menumbuhkan Ekonomi Kreatif di Era New Normal

oleh : Nurzakiah Darozat, Hamdani, Billy Nugraha

Salah satu cara untuk penanggulangan sampah tersebut yaitu dengan mendaur ulang kembali. Pada penulisan ini memanfaatkan limbah pakaian atau kain yang diganti menjadi tas jinjing (tote bag). Tote bag tersebut dibuat dari kain perca kemudian dijahit agar tampilannya lebih menarik. Pemanfaatan kain perca sebagai tote bag adalah cara menciptakan peluang usaha baru pada bidang industri kreatif.

Berdasarkan penulisan di atas bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan kain perca menjadi sebuah produk tote bag yang menguntungkan, selain itu juga pemanfaatan internet of things (IoT) sebagai alat dalam memasarkan produk tote bag dapat berjalan efektif. Sedangkan dalam hal memanfaatkan penulisan ini untuk mengetahui potensi keuntungan dari pemanfaatan kain perca menjadi produk tote bag, selain itu mengetahui pemanfaatan internet of things (IoT) dalam pemsaran produk.

Maka solusi yang ditawarkan adalah pembuatan tote bag, biasanya tote bag berbahan kain kanvas, blacu, spunbond dan drill. Namun kali ini berbahan ‘kaca’ (kain perca), kain perca merupakan kain yang terbuat dari hasil sisa potongan kain besar. Bahkan kain perca dapat terbuat dari kain apa saja. Ciri-ciri kain perca: ukurannya kecil, berbentuk potongan, memiliki motif yang tidak beraturan dan ukurannya yang tidak sama. Maka agar mengoptimalkan kembali hasil sisa/limbah potongan kain, pembuatan tote bag kali ini berbahan kain perca. Kelebihan dari membuat tote bag berbahan kain perca dapat mengurangi limbah pabrik kain, mudah didapatkan dan digunakan sebagai peluang bisnis. Selain itu merupakan solusi program 3-P (pengurangan penggunaan plastik) dan memberikan added value jika diolah kembali. Dalam mendukung sasaran pemasaran yang tepat untuk tote bag “kaca”. Maka dilakukan kajian/analisis strategi sistem pemasaran untuk tote bag “kaca”. Seperti Analisis STP, Analisis 9-P, Analisis SWOT, Analisis IFE, Analisis EFE, Analisis IE, Analisis PESTEL dan Analisis PDCA.

Catatan: Juara 2 Lomba Esai Nasional Siliwangi Creative Economy Festival 2020

Leave A Comment